Kamis, 09 Agustus 2012

AL-QURAN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP


AL-QURAN’ SEBAGAI PEDOMAN HIDUP


bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (al-baqarah :185)
Seperti yang sudah menjadi keyakinan kita,bahwa al-quran adalah pedoman atau penuntun hidup kita sebagai muslim. Al-quran adlah kalam (firman) allah yang diturunkan-nyakepada nabi muhammad s.a.w dalam bahasa arab menurut jibril a.s. sebagai pedoman hidup manusia . manusia yang dimaksudkan adalah manusia yang beriman sebagaimana firman –nya :
Alif Laam Miim. Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya(kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. (al-baqarh :1-5)
         
Yang akan mendapat petunjuk(hidayah) dari al-quran itu adalah orang-orang beriman yang sudah diuraikan dalam ayat tersebut.
Apakan petunjuk yang diberikan allah selain al-quran itu?sebenarnya allah telah memberikan beberapa tingkatan peunjuk kepada kita manusia. Menurut imam muhammad abdul seperti yang ditemukan oleh muridnya rasyid ridha, ada empat macam hdayah yang disiapkan tuhan buat manusia.
Pertama, disebut hidayat al-gharizah (nurani /instink).
Kedua, disebut hidayah al-hissiyah (panca indra).
Ketiga, disebut hiayah al-aqlu (akal).
Keempat, disebut hidayah ad-dien (agama) yang sumbernya adalah dari al-quran allah berfirman :

Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka adzab yang pedih. (al-isra’ :9-10)

Hidayah pertama dan kedua tidak hanya diberikan kepada manusia api juga kepada hewan atau binatang. hidayah ketiga diberikan kepada seluruh manusia, sedangkan hidayah keempat diberikan khusus untuk orang yang beriman saja.

Al-quran itu ibarat permata intan/mutiara yang masing-masing sisinya memancarkan sinar yang kemilau stu sama lain.karena itu janganlah menbaca al-quran hanya sekedar untuk mencari pahala.tapi bacalah al-quran itu mambil memahami isinya sehingga al-quran dapat menuntun dan membimbing hidup kita kepada jalan yang benar. Maka dalam bulan ramadhan yang penuh berkah ini adalah kesempatan yang paling baik bagi kita umat islam membaca,mempelajaari serta mendalami al-quran agar hidup senantiasa berada dalam tuntunan al-quran. Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar