Kamis, 09 Agustus 2012

PERSAUDARAAN


MENGUATKAN TALI PERSAUDARAAN




 Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
(AL-HUJURAAT :13)

Ayat di atas sangat populer konon dimasrkas besar PBB New York AS dipasang dalam ruang sidang utama. Ayat tersebut merupakan simbol perdamaian dunia yang tidak memandang dari agama mereka berasal. Dan dari bangsa atau suku apapun datang.

Awal ayat tadi menyemebutkan : Hai manusia! kata ini secara tegas allah mengtakan secara umum dan unversal dan mengandung makna tidak harus orang islam atau orang-orang beriman lainnya. Ayat tersebut tidak hanya ditunjukan untuk orang islam saja, tapi buat semua suku ras, bangsa, berbeda warna kulit,bangsa dan berbeda dalam tradisi masing-masing.

Jadi ayat inilah yang mempersatukan semua mmat dari golongn manapun mereka berasal. Dengan kata lain islam telah lebih awal ingin mempersatukan semua golongan ummat manusia dari manapun mereka berasal. Ayat allah ini lebih 14 abat silam sudah secara tegas menjelaskan kepada kita semua bahwa perdamaian adlah lebih utama untuk menyatukan anak manusia dikolong langit ciptaan allah ini.

Pada akhir ayat tadi menyabutkan : Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa. Bahwa para ulama bersilang pendapat soal bertakwa ini. Dalam gmabaaran umum yang dimaksud takwa adalahbberbuat kebaikan kepada semua orang. Dan ada yang bilang takwa bagi allah adalah kebahagian khusus yang hanya dilakukan oleh kaum muslim saja. Tidak termaksud dalam pendapat orang kafir atau orang diluar islam.
Artinya jika setelah kita berbuat damai, tidak saling  menyerang antara satu bangsa dengan bangsa lain, maka masih ada kewajiban ummat manusia yang lain adalah masuk islam. Maka sempurnalah kebijakan itu.

Kesimpulannya ,firman allah dalam surat al-hujuraah:13 secara tegas mengajarkan kepada kita agar tetap bersaudara dengan siapapun juga.
Kita harus bergandengan tangan tidak hanya dengan orang seagama dengan kita tetapi kita juga harus bisa bergandeng tangan dengan orang yang tidek seagama dengan kita. Hidup rukun dan damai walaupun berlainan aliran dan agama.itulah yang diminta allah dalam firmannya diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar